Hubungan antara Berbicara dengan Menyimak
Menurut Brooks (dalam Tarigan, 1990:4) berbicara dan menyimak merupakan kegiatan komunikasi dua arah yang langsung, merupakan komunikasi tatap muka atau face-to-face communication. Hal-hal yang dapat memperlihatkan eratnya hubungan antara berbicara dan menyimak adalah sebagai berikut:
Menurut Brooks (dalam Tarigan, 1990:4) berbicara dan menyimak merupakan kegiatan komunikasi dua arah yang langsung, merupakan komunikasi tatap muka atau face-to-face communication. Hal-hal yang dapat memperlihatkan eratnya hubungan antara berbicara dan menyimak adalah sebagai berikut:
- Ujaran (speech) biasanya dipelajari melalui menyimak dan meniru (imitasi).
- Kata-kata yang akan dipakai serta dipelajari oleh sang anak biasanya ditentukan oleh perangsang (stimuli) yang mereka temui dan kata-kata yang paling banyak memberi bantuan atau pelayanan dalam menyampaikan ide-ide atau gagasan mereka.
- Ujaran sang anak mencerminkan pemakaian bahasa di rumah dan masyarakat tempatnya hidup.
- Anak yang lebih muda lebih dapat memahami kalimat-kalimat yang jauh lebih panjang dan rumit daripada kalimat-kalimat yang dapat diucapkannya.
- Meningkatkan keterampilan menyimak berarti membantu meningkatkan kualitas berbicara seseorang.
- Bunyi atau suara merupakan suatu faktor penting dalam meningkatkan cara pemakaian kata-kata sang anak. Oleh karena itu, sang anak akan tertolong kalau mereka menyimak ujaran-ujaran yang baik dari para guru dan lingkungan sekitarnya.
- Berbicara dengan bantuan alat-alat peraga akan menghasilkan penangkapan informasi yang lebih baik pada pihak penyimak.
- Performansi atau penampilan membaca berbeda sekali dengan kecakapan berbicara.
- Pola-pola ujaran orang yang tunaaksara mungkin mengganggu pelajaran membaca bagi anak.
- Kalau pada tahun-tahun awal sekolah, ujaran membentuk suatu dasar bagi pelajaran membaca, maka membaca bagi anak-anak kelas yang lebih tinggi turut membantu meningkatkan keterampilan berbicara mereka.
- Kosakata khusus mengenai bahan bacaan haruslah diajarkan secara langsung. Apabila muncul kata-kata baru dalam buku bacaan siswa, maka guru hendaknya mendiskusikannya dengan siswa agar mereka memahami maknanya sebelum mereka mulai membacanya.
- Anak belajar berbicara jauh sebelum dia dapat menulis; dan kosakata, pola-pola kalimat serta organisasi ide-ide yang memberi ciri kepada ujarannya merupakan dasar bagi keterampilan menulis berikutnya.
- Anak yang telah dapat berbicara dengan lancar biasanya dapat pula menuliskan pengalaman-pengalaman pertamanya serta tepat tanpa diskusi lisan pendahuluan tetapi dia masih perlu membicarakan ide-ide yang rumit yang diperolehnya dari tangan kedua.
- Perbedaan-perbedaan antara berbicara dengan menulis juga ada, di antaranya, keterampilan berbicara atau komunikasi lisan cenderung ke arah kurang berstruktur, lebih sering berubah-ubah, tidak tetap dan biasanya lebih kacau dan membingungkan daripada komunikasi tulis. Komunikasi tulis cenderung lebih unggul dalam isi pikiran maupun struktur kalimat, lebih formal dalam gaya bahasa dan jauh lebih teratur dalam pengertian ide-ide. Penulis biasanya telah memikirkan dalam-dalam setiap kalimat sebelum dia menulis naskahnya. Selain itu, dia juga sering memeriksa serta memperbaiki kalimat-kalimatnya beberapa kali sebelum dia menyelesaikan tulisannya.
- Pembuatan catatan serta bagan atau rangka ide-ide yang akan disampaikan pada suatu pembicaraan akan menolong siswa untuk mengutarakan ide-ide tersebut kepada para pendengar. Para siswa harus belajar berbicara dari catatan-catatan, dan mereka membutuhkan banyak latihan berbicara dari catatan agar penyajiannya tidak terputus-putus.
Mungkin Yang Kamu Cari:
- Kumpulan Kata Mutiara Teks Arab dan terjemah
- Contoh Pidato Perpisahan SMA Terbaik
- Contoh Sambutan Bahasa Sunda Masrahkeun Calon Panganten Pameget
- Conto Panata Acara Bahasa Sunda Serah Terima Akad Nikah Panganten
- Pidato Islam dan Problem Kepemimpinan
- Pidato sambutan Pada Ultah Sang suami
- Cara menentukan Materi Pidato
- Pidato Penyemangat kepada bawahan agar kerja keras
- Teks Khutbah Nikah Bahasa Arab || referensi
- Prakata Sambutan Pidato Suami pada Ultah Isteri
- Contoh Pidato Pesan Kesan Akhir Tahun
- Contoh Sambutan Kepala Direksi dalam breifing karyawan
- Pesan Kepsek, Guru, Wali Kelas, hari libur pd Siswa
- Kumpulan Dalil Maulid Nabi untuk materi Pidato Ceramah
- Pidato Hari Guru 25 November Terima Kasih Guru
- Pidato Pada Acara Pringatan Hari Pahlawan
- Trik Pidato Agar Audiens Tercengang/Terbius
- Pidato Hari Pahlawan 10 November 2019 Seruan NKRI UPDATE!!
- Contoh Pidato Kunci Sukses Meraih Keberhasilan Dunia dan Akherat
- Contoh Pidato Amanat Pembina Upacara
- Pidato Menjaga Kebersihan di Sekolah
- Contoh Pidato Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah
- Pidato Menyongsong Hari Sumpah Pemuda
- Pidato Hari Santri Nasional || Sejarah 22 Oktober
- Susunan Kalimat Penghormatan saat berpidato
- Kaum Muda dan Kepemimpinan Transformatif
- 5 Puisi Indah Penuh Inspirasi
- Tujuh Langkah dalam Mempersiapkan Pidato
- Sambutan Kepala Desa HUT RI ke 71 simple
- Contoh Pidato HUT RI Ke 74 2019 Ketua Pemuda (Karang Taruna)
- Contoh Pidato Tentang Bahaya Korupsi Bagi Kehidupan
- Pidato Kewajiban Mencari Ilmu | Menciptakan Generasi Penerus Harapkan Bangsa
- Contoh Pidato Keutaaman Ilmu
- Contoh Pidato Memperingati Hari Ibu
- Contoh Pidato tentang Pemasanan Global ( GLOBAL WARMING )
- Contoh Pidato Peduli Lingkungan Hidup
- Contoh Pidato Pada Acara Hari Kesehatan Nasional
- Contoh Pidato Tentang Bahaya Korupsi
- Contoh Pidato Pemimpin dan Kepemimpinan
- Contoh Pidato Hikmah Peringatan Kelahiran Nabi Muhammad
- Hubungan antara Berbicara dengan Menyimak, Membaca dan Menulis
Post a Comment for "Hubungan antara Berbicara dengan Menyimak, Membaca dan Menulis"