Entire Row merupakan sebuah tools yang digunakan pada aplikasi ms.excel
yang berkaitan dengan baris. Entire row ini dapat digunakan pada saat
menambah atau menghapus baris.
Berikut ini adalah contoh simulasi penggunaan entire row pada insert dan delete
1. Insert Entire Row
Pilihan ini digunakan untuk menambah satu /lebih baris dari ujung kiri
sampai ujung kanan. Manfaat penggunaan insert row ini adalah pada saat
penyisipan data.
Insert ini akan membuat data pada tempat dilakukannya penambahan baris
akan digeser kebawah dan berada pada baris baru yang masih kosong.
Untuk menambah baris dari ujung kiri sampai ujung kanan, bisa dilakukan penambahan satu baris atau lebih dari satu baris.
Insert Entire Row Satu Baris
Cara ini hanya akan menambahkan satu baris pada posisi yang ditentukan.
Misalnya kita akan menambah satu baris baru dibawah deretan angka 2 dan
diatas deretan angka 3 gambar insert entire row 1 dibawah ini.
Insert Entire Row 1 |
Cara Menambah insert entire row ini ada beberapa cara yaitu :
- Klik kanan pada angka bar sebelah kiri, misalnya pada contoh diatas adalah angka 4 kemudian klik insert maka akan muncul sebuah baris baru.
- Klik kanan dengan mouse atau tekan tombol Shift+F10 secara bersamaan pada salah satu sel yang diwarnai biru diatas kemudian pilih insert lalu entire row.
- Tekan tombol Alt+I secara bersamaan kemudian dilepas dan tekan tombol R pada salah satu sel / rentang sel yang diwarnai biru diatas.
- Tekan tombol ALT+I secara bersamaan kemudian dilepas dan tekan tombol E kemudian pilih Entire Row (atau tekan tombol R) lalu klik OK.
Berikut adalah contoh hasil baris dan data setelah dilakukan insert
entire row, terlihat baris baru yang dibuat adalah pada baris 4.
Data yang sebelumnya ada pada baris ke 4 (deretan angka 3 berwarna biru) akan digeser kebawah baris barus yang dibuat.
Insert Entire Row 2 |
Insert Entire Row Lebih Dari Satu Baris
Untuk menambah baris lebih dari satu baris, cara yang digunakan sama seperti cara menambah / insert dengan satu baris.
Hal yang membedakan hanya pada jumlah baris yang ditambahkan, jika akan
ditambahkan adalah dua baris maka data yang diblok adalah dua baris,
sedangkan jika baris yang ditambahkan adalah tiga baris maka data yang
dipilih pada saat insert adalah tiga baris.
Kendala Pada Insert Entire Row
Jika pada insert entire row terjadi error / kesalahan, maka kemungkinan
yang terjadi adalah jumlah baris sudah berisi semua atau penuh.
Untuk mencoba bahwa yang menyebabkan tidak bisa insert entire row karena
baris penuh, sobat bisa mencoba menghapus baris paling bawah dan ulangi
lagi menambah baris dengan insert entire row.
2. Delete Entire Row
Fungsi delete ini merupakan kebalikan dari fungsi insert, jadi dengan
menggunakan opsi entire row pada saat melakukan delete, maka data pada
baris yang dihapus dari dari ujung kiri sampai ujung kanan.
Dengan menggunakan opsi delete entire row ini, maka baris data dibawah
baris yang dihapus akan bergeser keatas mengisi baris data yang dihapus.
Penghapusan baris dengan entire row ini juga dapat dilakukan satu baris
atau lebih dari satu baris, berikut adalah contoh penghapusan baris
menggunakan delete entire row dan kaitannya dengan baris data
dibawahnya.
Delete Entire Row 1 |
Pada contoh gambar delete entire row 1 diatas merupakan cara menghapus satu buah baris yaitu deretan angka 2 berwarna kuning pada baris 3.
Contoh hasil data setelah dilakukan penghapusan baris menggunakan delete entire row dapat dilihat pada gambar delete entire row 2 dibawah ini.
Delete Entire Row 2 |
Mungkin Yang Anda Cari:
- 1 . Delete Entire Row & Column di Excel
- 2 . Delete Shift Cell di Excel
- 3 . Fungsi Vlookup di Excel
- 4 . Mengurutkan Data dengan Sort di Excel
- 5 . Cara Membuat Pivot Table Sederhana di microsoft excel
- 6 . Insert Shift Cell di Excel
- 7 . Cara Insert Entire Row & Column di Excel
- 8 . Cara Menggunakan Text to Column di Excel
- 9 . Cara Fungsi Concatenate di Excel
- 10. Cara Mengambil Kata Tengah di Excel
- 11. Fungsi dari Sum dan Sumif di Excel
- 12. Fungsi Sumifs di Microsoft Excel
- 13. Mengambil Kata Dari Kiri di Excel
- 14. Fungsi Exact di Excel
- 15. Mengambil Kata Dari Kanan di Excel
- 16. Fungsi Trim di Excel
- 17. Fungsi Proper di Excel
- 18. Fungsi Upper di Excel
- 19. Fungsi Lower di Excel
- 20. Fungsi Match di Excel
- 21. Fungsi Index di Excel
- 22. Cara Vlookup Ke Kiri di Excel
- 23. Fungsi Iferror di Excel
- 24. Cara Mengganti #N/A Pada Vlookup di Excel
- 25. Cara Membuat Pivot Chart Sederhana di Excel
- 26. Mencari Duplikasi Data Pada Exce
- 27. Fungsi If di Excel
- 28. Fungsi Sumproduct di Excel
- 29. Tools Untuk Menghapus Data Duplikat
- 30. Cara Print Satu Halaman di Excel
- 31. Fungsi Left, Mid, Right di Excel
- 32. Menggabungkan Fungsi If dan Vlookup di Excel
- 33. Menghitung Jumlah Karakter di Excel
- 34. Mencari Kata Dengan Fungsi Search di Excel
- 35. Fungsi Entire Row di Excel
Post a Comment for "Fungsi Entire Row di Excel"