Entire column merupakan sebuah tools yang berkaitan dengan kolom pada saat insert maupun delete di aplikasi ms.excel.
Berikut ini merupakan contoh simulasi penggunaan entire column pada insert dan delete di excel.
1. Insert Entire Column
Opsi entire ini digunakan untuk menambah satu /lebih kolom dari ujung
atas sampai ujung bawah. Manfaat penggunaan insert column ini adalah
untuk menambah kolom baru ditengah-tengah data yang ada.
Insert entire column ini akan membuat sebuah kolom baru dana akan
menggeser kolom pada tempat dilakukannya insert ke sebelah kanan.
Berikut ini adalah contoh simulasi penggunaan entire column pada insert
di excel. Pada contoh gambar insert column 1 dibawah ini akan disisipkan
sebuah kolom diantara data 1 dan data 2.
Insert Column 1
|
Untuk melakukan insert column ini, ada beberapa cara yang sobat bisa gunakan antara lain :
- Cara yang pertama adalah dengan klik kanan pada huruf B pada bar bagian atas lalu pilih insert.
- Klik kanan dengan mouse atau tekan tombol Shift+F10 secara bersamaan kemudian pilih insert lalu entire column pada salah satu baris di kolom B (warna kuning).
- Tekan tombol Alt+I secara bersamaan kemudian dilepas dan tekan tombol C pada salah satu baris di kolom B (warna kuning)..
- Tekan tombol ALT+I secara bersamaan kemudian dilepas dan tekan tombol E kemudian pilih Entire Column (atau tekan tombol C) lalu klik OK.
Berikut contoh hasil insert dengan cara diatas seperti pada gambar insert column 2 dibawah ini
Untuk melakukan penambahan kolom dengan insert entire column ini, dapat
dilakukan penambah satu kolom ataupun lebih dari satu kolom.
Untuk menambah lebih dari satu kolom, sobat bisa blok pada beberapa kolom sesuai dengan jumlah kolom yang akan ditambahkan.
Kendala Pada Insert Entire Column
Jika pada saat insert entire column terjadi kesalahan / error, maka
kemungkinan yang terjadi adalah jumlah kolom sudah berisi semua atau
penuh.
Untuk mencoba bahwa yang menyebabkan tidak bisa insert entire column
karena kolom penuh, sobat bisa mencoba menghapus kolom paling kanan dan
ulangi lagi menambah kolom dengan menggunakan insert entire column.
2. Delete Entire Column
Pada pilihan entire column saat menghapus / delete di excel merupakan
kebalikan dari insert entire column, cara ini akan menghapus satu atau
lebih kolom daru ujung atas sampai ujung bawah.
Berikut cara-cara yang sobat bisa gunakan pada delete entire column
- Cara yang pertama adalah dengan klik kanan pada huruf yang akan dihapus pada bar bagian atas lalu pilih delete.
- Klik kanan dengan mouse atau tekan tombol Shift+F10 secara bersamaan kemudian pilih delete lalu entire column.
- Tekan tombol ALT+E secara bersamaan kemudian dilepas dan tekan tombol D kemudian pilih entire column (atau tekan tombol C) lalu klik OK.
Penggunaan delete entire column ini akan menggeser data pada kolom-kolom
disebelah kanan kolom yang dihapus ke sebelah kiri mengisi posisi kolom
yang dihapus sebelumnya.
Mungkin Yang Anda Cari:
- 1 . Delete Entire Row & Column di Excel
- 2 . Delete Shift Cell di Excel
- 3 . Fungsi Vlookup di Excel
- 4 . Mengurutkan Data dengan Sort di Excel
- 5 . Cara Membuat Pivot Table Sederhana di microsoft excel
- 6 . Insert Shift Cell di Excel
- 7 . Cara Insert Entire Row & Column di Excel
- 8 . Cara Menggunakan Text to Column di Excel
- 9 . Cara Fungsi Concatenate di Excel
- 10. Cara Mengambil Kata Tengah di Excel
- 11. Fungsi dari Sum dan Sumif di Excel
- 12. Fungsi Sumifs di Microsoft Excel
- 13. Mengambil Kata Dari Kiri di Excel
- 14. Fungsi Exact di Excel
- 15. Mengambil Kata Dari Kanan di Excel
- 16. Fungsi Trim di Excel
- 17. Fungsi Proper di Excel
- 18. Fungsi Upper di Excel
- 19. Fungsi Lower di Excel
- 20. Fungsi Match di Excel
- 21. Fungsi Index di Excel
- 22. Cara Vlookup Ke Kiri di Excel
- 23. Fungsi Iferror di Excel
- 24. Cara Mengganti #N/A Pada Vlookup di Excel
- 25. Cara Membuat Pivot Chart Sederhana di Excel
- 26. Mencari Duplikasi Data Pada Exce
- 27. Fungsi If di Excel
- 28. Fungsi Sumproduct di Excel
- 29. Tools Untuk Menghapus Data Duplikat
- 30. Cara Print Satu Halaman di Excel
- 31. Fungsi Left, Mid, Right di Excel
- 32. Menggabungkan Fungsi If dan Vlookup di Excel
- 33. Menghitung Jumlah Karakter di Excel
- 34. Mencari Kata Dengan Fungsi Search di Excel
- 35. Fungsi Entire Row di Excel
- 36. Fungsi Count di Excel
- 37. Fungsi Average dan Averagea di Excel
- 38. Fungsi Fixed di Excel
- 39. Fungsi Large di Excel
- 40. Fungsi If Dengan Conditional Formatting di Excel
- 41. Fungsi Entire Column di Excel
Post a Comment for "Fungsi Entire Column di Excel"