Tanda atau simbol "$" merupakan sebuah simbol yang sangat sering
digunakan dalam aplikasi ms.excel berkaitan dengan posisi sel pada saat
dilakukan copy paste terhadap suatu formula.
Fungsi dari simbol $ ini
bertujuan untuk mengunci posisi dari sel yang dituju agar tidak bergeser
apabila dilakukan penyalinan terhadap lokasi yang ditunjuk.
Sebagai contoh adalah penggunaan rumus formula pada contoh gambar fungsi $ 1 dibawah ini :
Fungsi $ 1 |
Rumus formula pada sel C1 diatas adalah =A1+B1 yaitu menambahkan nilai pada sel A1 (1) dengan nilai pada sel A2 (1) sehingga menghasilkan nilai 2.
Jika rumus formula pada sel C1 tersebut disalin (copy) pada sel C2 maka
rumus formula yang terbentuk adalah =A2+B2 yang akan menghasilkan nilai
4.
Kadangkala kita membutuhkan suatu posisi yang tetap (mengacu pada sel
yang sama) apabila suatu rumus formula dilakukan copy paste.
Agar suatu sel / rentang sel yang dituju bisa tetap sesuai dengan yang
diharapkan, berikut contoh-contoh fungsi $ yang bisa digunakan.
1. MENGUNCI POSISI BARIS DENGAN SIMBOL $
Contoh mengunci baris ini adalah dengan memberikan tanda $ hanya di
depan baris seperti contoh rumus formula pada sel C1 awalnya adalah =A1+B1.
Kemudian akan diberikan tanda $ pada baris pertama kolom A sehingga rumus pada sel C2 menjadi A$1+B1.
Fungsi $ 2 |
Ketika rumus pada sel C1 itu di copy kemudian di pastekan pada baris-baris dibawahnya pada kolom C, rumus yang terbentuk adalah
- =A$1+B2 pada sel C2 dengan hasil 3 dari Sel A1 (1) ditambah sel B2 (2)
- =A$1+B3 pada sel C3 dengan hasil 4 dari Sel A1 (1) ditambah sel B3 (3)
- =A$1+B4 pada sel C4 dengan hasil 5 dari Sel A1 (1) ditambah sel B4 (4)
Dengan mengunci baris menggunakan tanda "$" hanyak akan mengunci posisi
sel A1 pada contoh diatas apabila dilakukan copy rumus formulanya ke
bawah (berdasarkan baris).
Jika rumus pada sel A$1+B1 pada sel C1 dilakukan copy paste ke sebelah
kanan, maka hasil posisi pada kolom A akan bergeser ke kanan dengan
hasil 3 dari rumus formula =B$1+C1.
2. MENGUNCI POSISI KOLOM DENGAN SIMBOL $
Contoh mengunci sel berdasarkan kolom ini hanya akan mengunci posisi
kolom jika dilakukan copy paste berdasarkan kolom (kanan dan kiri).
Contoh penggunaan simbol $ untuk mengunci posisi berdasarkan kolom ini, sobat bisa lihat pada contoh gambar fungsi $ 3 dibawah ini.
Fungsi $ 3 |
Rumus formula pada contoh sel C1 adalah =$A1+B1, ketika dilakukan copy formula menggunakan baris (warna kuning) maka posisi pada kolom A ikut bergeser ke bawah.
Manfaat dari penggunaan simbol $ berdasarkan kolom ini bisa dilihat
hasilnya pada sel D1, dimana rumus tersebut berasal dari sel C1 yang di
copy.
Rumus formula yang terbentuk pada sel D1 adalah =$A1+C1, dimana simbol $
akan mengunci posisi tetap pada kolom pertama (A) sedangkan kolom kedua
yang tidak dikunci akan bergeser ke kanan.
3. MENGUNCI POSISI BARIS & KOLOM DENGAN SIMBOL $
Mengunci posisi sel / rentang sel berdasarkan baris dan kolom ini sangat
banyak digunakan pada saat melakukan copy paste rumus formula pada
aplikasi ms.excel.
Dengan cara ini, pada saat dilakukan copy rumus baik kebawah, keatas,
kekanan maupun ke kiri akan tetap mengacu kepada sel / rentang sel yang
dituju.
Contoh penggunaan tanda $ untuk posisi baris dan kolom, sobat bisa lihat pada contoh gambar fungsi $ 4 di bawah ini
Gambar Fungsi $ 4 |
Rumus formula pada sel E9 adalah E2/$E$6 yaitu membagi nilai pada sel E2 dengan sel E6, dengan menggunakan rumus formula ini, walaupun rumusnya di copy secara baris maupun kolom, maka sel pembagi akan tetap menuju ke sel E6.
Penggunaan tanda $ pada baris dan kolom ini akan sangat berguna pada saat menggunakan fuction jenis lookup di excel seperti fungsi vlookup dan fungsi hlookup.
KESIMPULAN
Fugnsi $ pada excel memberi peranan yang sangat penting pada pneggunaan
rumus formula ketika terjadi penyalian rumus formula pada sel / rentang
sel pada aplikasi ms.excel, baik di microsoft excel 2003, 2007, 2010
maupun 2013.
Mungkin Yang Anda Cari:
- 1 . Delete Entire Row & Column di Excel
- 2 . Delete Shift Cell di Excel
- 3 . Fungsi Vlookup di Excel
- 4 . Mengurutkan Data dengan Sort di Excel
- 5 . Cara Membuat Pivot Table Sederhana di microsoft excel
- 6 . Insert Shift Cell di Excel
- 7 . Cara Insert Entire Row & Column di Excel
- 8 . Cara Menggunakan Text to Column di Excel
- 9 . Cara Fungsi Concatenate di Excel
- 10. Cara Mengambil Kata Tengah di Excel
- 11. Fungsi dari Sum dan Sumif di Excel
- 12. Fungsi Sumifs di Microsoft Excel
- 13. Mengambil Kata Dari Kiri di Excel
- 14. Fungsi Exact di Excel
- 15. Mengambil Kata Dari Kanan di Excel
- 16. Fungsi Trim di Excel
- 17. Fungsi Proper di Excel
- 18. Fungsi Upper di Excel
- 19. Fungsi Lower di Excel
- 20. Fungsi Match di Excel
- 21. Fungsi Index di Excel
- 22. Cara Vlookup Ke Kiri di Excel
- 23. Fungsi Iferror di Excel
- 24. Cara Mengganti #N/A Pada Vlookup di Excel
- 25. Cara Membuat Pivot Chart Sederhana di Excel
- 26. Mencari Duplikasi Data Pada Exce
- 27. Fungsi If di Excel
- 28. Fungsi Sumproduct di Excel
- 29. Tools Untuk Menghapus Data Duplikat
- 30. Cara Print Satu Halaman di Excel
- 31. Fungsi Left, Mid, Right di Excel
- 32. Menggabungkan Fungsi If dan Vlookup di Excel
- 33. Menghitung Jumlah Karakter di Excel
- 34. Mencari Kata Dengan Fungsi Search di Excel
- 35. Fungsi Entire Row di Excel
- 36. Fungsi Count di Excel
- 37. Fungsi Average dan Averagea di Excel
- 38. Fungsi Fixed di Excel
- 39. Fungsi Large di Excel
- 40. Fungsi If Dengan Conditional Formatting di Excel
- 41. Fungsi Entire Column di Excel
- 42. Menjumlahkan Nilai Dalam Rentang Tanggal di Excel
- 43. Belajar Pivot Table di Excel
- 44. Fungsi Shift Cell Pada Insert Cell di Excel
- 45. Fungsi $ di Excel
Post a Comment for "Fungsi $ di Excel"