Pivot chart merupakan salah satu tools yang terdapat dalam aplikasi
ms.excel yang digunakan untuk menyajikan data ke dalam sebuah laporan.
Fungsi pivot chart ini adalah untuk mengelompokkan suatu data dalam
bentuk grafik dari argument-argument yang diberikan sebagai sumber data.
Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Pivot Chart
Dalam membuat data menggunakan tools pivot chart ini, ada beberapa hal-hal berikut ini dapat berpengaruh antara lain :
- Setiap data yang akan dilakukan pivot chart harus berisi header, hal ini akan menyebabkan jika terdapat salah satu header dalam rentang sel (array) yang dipilih tidak berisi judul (header) maka pembuatan pivot chart tidak dapat dilakukan.
- Pivot chart akan mengambil baris paling atas sebagai field yang akan digunakan untuk report.
- Kolom yang tersembunyi (hide) akan tetap muncul pada field di pivot table field list.
- Baris yang tersembunyi (hide) akan tetap dihitung nilainya jika terdapat di dalam array yang dipilih sebagai sumber data.
- Pemilihan jenis data (value field settings) akan berpengaruh pada hasil nilai yang akan ditampilkan.
Ketentuan-ketentuan ini juga berlaku dalam pembuatan pivot table, karena
pada pembuat pivot chart, field list yang digunakan adalah filed list
pivot table.
Cara Membuat Pivot Chart
Dalam membuat penyajian data menggunakan tools pivot chart, aplikasi
ms.excel juga akan membuat hasil dalam bentuk tabel dan grafik.
Berikut rincian tabel yang akan digunakan dalam pivot chart pada gambar pivot chart 1.
- Kolom A sebagai lokasi / gudang penyimpanan barang yang terjual.
- Kolom B sebagai nama customer yaitu pembeli dari barang yang terjual.
- Kolom C sebagai kode barang yaitu nama barang yang terjual.
- Kolom D sebagai jumlah barang yang terjual.
- Kolom E sebagai harga jual per masing-masing item yang terjual.
- Kolom F sebagai nilai total yang terjual yaitu jumlah yang terjual dikalikan dengan harga jual.
Pivot Chart 1 |
-
Dari menu insert pada bar, sobat pilih pivotTable pada toolbars, disana terdapat dua pilihan yaitu pivotTable dan pivotChart, sobat pilih pada pivotChart.
-
Selanjutnya pada form create pivotTable with pivotChart sobat blok data yang akan digunakan (A1:F9) pada select a table or range.
-
Pada choose where you want the PivotTable and pivotChart to be place sobat bisa pilih new worksheet untuk sheet baru atau existing worksheet jika ditempatkan pada sheet yang sama.
Bagi sobat yang suka menggunakan shortkey bisa dengan Alt+D,P,R,Enter,Enter,Enter.
Jika sudah maka sobat memilih field-field yang akan ditampilkan pada grafik seperti pada tampilan gambar pivot chart 2 dibawah ini
Pivot Chart 2 |
Tampilan pada gambar diatas adalah mencari jumlah penjualan berdasarkan kode barang yang ditampilkan dalam bentuk grafik.
Mungkin Yang Anda Cari:
- 1 . Delete Entire Row & Column di Excel
- 2 . Delete Shift Cell di Excel
- 3 . Fungsi Vlookup di Excel
- 4 . Mengurutkan Data dengan Sort di Excel
- 5 . Cara Membuat Pivot Table Sederhana di microsoft excel
- 6 . Insert Shift Cell di Excel
- 7 . Cara Insert Entire Row & Column di Excel
- 8 . Cara Menggunakan Text to Column di Excel
- 9 . Cara Fungsi Concatenate di Excel
- 10. Cara Mengambil Kata Tengah di Excel
- 11. Fungsi dari Sum dan Sumif di Excel
- 12. Fungsi Sumifs di Microsoft Excel
- 13. Mengambil Kata Dari Kiri di Excel
- 14. Fungsi Exact di Excel
- 15. Mengambil Kata Dari Kanan di Excel
- 16. Fungsi Trim di Excel
- 17. Fungsi Proper di Excel
- 18. Fungsi Upper di Excel
- 19. Fungsi Lower di Excel
- 20. Fungsi Match di Excel
- 21. Fungsi Index di Excel
- 22. Cara Vlookup Ke Kiri di Excel
- 23. Fungsi Iferror di Excel
- 24. Cara Mengganti #N/A Pada Vlookup di Excel
- 25. Cara Membuat Pivot Chart Sederhana di Excel
Post a Comment for "Cara Membuat Pivot Chart Sederhana di Excel"