Sebuah surat komplain dapat di buat karena ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan kesepakatan sebelumnya, misalnya produk rusak, kualitas dari produk dibawah standar, lamanya pengiriman , dan berbagai hal yang seharusnya sama dengan kesepakatan tapi ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan kesepakatan.
Contoh Surat Komplain
Contoh Surat Komplain
PT Mobilan Menggema
Jl. Maju Terus No. 01 Telp.(021)123456
Sukoharjo, Jawa Tengah
-----------------------------------------------------------
No: 05/HRD/MM/XII/2016 31 Desember 2016
Lampiran : 4 lembar
Hal : komplain produk
Kepada,
Yth. Bapak/Ibu Pimpinan
PT. Maju Karya Group
Jl Lurus Terus No. 321, Jakarta
Dengan hormat,
Kami selaku pimpinan PT Mobil Menggema
memberikan penghargaan atas kerjasama yang telah dibagun antara PT Mobil
Menggema dan PT Maju Jaya Group selaku penyedia bahan baku untuk stiker
mobil selama hampir 6 bulan ini. Namun untuk kepentingan bersama
mengenai dibuatnya surat ini kami ingin menyampaikan beberapa hal yang
berkenaan dengan bahan baku yang perusahaan PT Maju Jaya Group kirimkan
kepada kami.
Sebelumnya kami ucapkan terimkasih karena
bahan baku dari PT Maju Jaya Group telah sampai ditujuan pada tanggal 28
Desember dengan baik. Namun beberapa hal berikut ini harus kami
sampaikan kepada perusahaan bapak/ ibu selaku pimpinan PT Maju Jaya
Group, antara lain :
- Terlambatnya pengiriman bahan baku yang seharusnya tanggal 15 Desember sudah sampai, dan dalam kesepakatan jika mundur maka mundurnya sekitar 5 hari , tapi dalam kenyataan mundurnya sampai 10 hari.
- Setelah bahan baku sampai dengan baik ke tempat kami, ternyata bahan bakunya tidak sesuai dengan kesapakatan sebelumnya, yang seharusnya bahan baku kualitas A tapi yang dikirimkan kualitas B.
- Jumlah bahan baku yang seharusnya berjumlah 200 kg hanya terkirim 180 kg.
Itulah 3 hal komplain kami terkait dengan
bahan baku yang PT Maju Jaya Group kirimkan kepada kami. Untuk
selanjutnya kami mengingingkan pergantian bahan baku sesuai dengan
kesepakatan sebelumnya. Karena dari keterlambatan dan tidak baiknya
bahan baku tersebut menjadikan terganggunya proses layanan iklan mobil
berjalan kami.
Semoga kerjasama yang telah terjalin 6
bulan ini bisa berlanjut sampai habis masa kontrak kita. Berikut juga
kami lampirkan berkas bukti bahan baku dan nota kesepakatan yang
dilanggar. Terimakasih atas perhatian bapak/ibu pimpinan perusahaan.
Hormat kami
PT Mobilan Menggema
Hery Purnomo
Direktur Utama
Contoh Surat Komplain
CV SEKAR MAJU JAYA
Jalan Raya Soekarno-Hatta No. 123
Sekaran Gunungpati, Semarang 50229 cp: 024-08768656
e-mail: sekar.maju.jaya@gmail.com website:www.sekar.maju.jaya.co.id
_______________________________________________________
No : 040/HRD/SMJ/X/2013 10 Oktober 2013
Lamp : -
Hal : Komplain
Kepada ,
Yth. Bapak/Ibu Pimpinan
CV MUTIARA GROUP
Jalan Majapahit No. 231, Surabaya
Dengan hormat,
Kami selaku manajemen CV SEKAR MAJU JAYA mengucapkan
terima kasih atas kerjasama yang selama ini terjalin. Namun demi
kepentingan bersama dengan surat ini kami ingin menyampaikan beberapa
hal berkenaan dengan bahan baku yang kami pesan dari perusahaan anda.
Bahan baku yang kami pesan sudah tiba apda tanggal 8
oktober 2013 namun kondisi bahan baku berupa serat polyester tidak
sesuai dengan yang kami inginkan, dengan rician sebagai berikut:
Kemasan mengalami kerusakan sehingga serat kotor.
Bahan baku yang dikirim tidak sesuai dengan apa yang kami pesan
Bahan baku mengalami keterlambatan.Kami berharap
bahwa bahan baku tersebut segera diganti mengingat proses produksi akan
berhenti jika bahan baku tidak ada. Demikian surat ni kami sampaikan
dengan maksud agar dikemudian hari tidak terjadi hal yang sama. Terima
kasih atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu pimpinan perusahaan.
Hormat Kami,
CV SEKAR MAJU JAYA
Contoh Surat Komplain Toko Elektronik
Bandar Lampung, 6 September 2016
Nomor: 11/AB-CD/EFGH/II/2016
TOKO ELEKTRONIK
Jl. Jambu Air, No. 11, Bandar Lampung
Subjek: Komplain tentang beberapa barang yang rusak
Kepada
PT. KOMPUTER BAGUS
Jl. Ahmad Yani, No. 01, Tangerang
Dengan hormat,
Melalui surat ini kami menginformasikan bahwa pesanan kami telah sampai tepat waktu. Namun, setelah kami memeriksa produk yang anda kirim, ada beberapa kerusakan pada beberapa komputer.
Kerusakannya sebagai berikut:
Kami berharap kedepannya, kami tidak akan menerima produk yang rusak lagi seperti ini. Jika hal ini terjadi lagi, kami meminta maaf kalau kami akan memutuskan kontrak kerjasama kita.
Terima kasih atas perhatian anda. Kami menunggu surat balasan anda.
Hormat kami,
TOKO ELEKTRONIK
Nomor: 11/AB-CD/EFGH/II/2016
TOKO ELEKTRONIK
Jl. Jambu Air, No. 11, Bandar Lampung
Subjek: Komplain tentang beberapa barang yang rusak
Kepada
PT. KOMPUTER BAGUS
Jl. Ahmad Yani, No. 01, Tangerang
Dengan hormat,
Melalui surat ini kami menginformasikan bahwa pesanan kami telah sampai tepat waktu. Namun, setelah kami memeriksa produk yang anda kirim, ada beberapa kerusakan pada beberapa komputer.
Kerusakannya sebagai berikut:
- Tiga unit CPU rusak
- Lima unit keyboard rusak
Kami berharap kedepannya, kami tidak akan menerima produk yang rusak lagi seperti ini. Jika hal ini terjadi lagi, kami meminta maaf kalau kami akan memutuskan kontrak kerjasama kita.
Terima kasih atas perhatian anda. Kami menunggu surat balasan anda.
Hormat kami,
TOKO ELEKTRONIK
Contoh Surat Keluhan Pelanggan Toko
Kepada
Manager Toko Aman Book and Stationeri
Jalan Dorayaki No. 1A Kota Bali
Manager Toko Aman Book and Stationeri
Jalan Dorayaki No. 1A Kota Bali
Dengan hormat,
Melalui surat ini kami ingin
menyampaikan beberapa keluhan ketika kami membeli perlengkapan alat
tulis kantor di tempat dimana Bapak atau Ibu bekerja. Tetapi sebelumnya
saya perkenalkan diri saya terlebih dahulu, Saya bernama Alexander
Suwiryo, umur 40 tahun. Saya merupakan pegawai swasta dari sebuah
perusahaan ternama di Kota Bandung.
Pertama – tama kami jelaskan terlebih
dahulu bahwa kami merupakan pelanggan setia toko Aman Book and
Stationeri sejak toko ini baru dibuka di Jalan Dorayaki, yaitu sejak
tahun 2000. Sejak awal kami berbelanja alat tulis tidak pernah ada
masalah, tetapi ketika kami mencoba fasilitas layanan antar toko sejak
sekitar 3 bulan yang lalu, menjadi banyak masalah.
Masalah pertama adalah ketika kami
memesan HVS 100gr Merk Kertasku sebanyak 20 rim pada tanggal 3 Agustus
2016, yang dikirim ke tempat kami hanya 15 rim, dan itu waktunya lama
sekali. Dijanjikan sampai dalam 1 jam, pada kenyataannya sampai 5 jam.
Dan perusahaan kami sudah mau tutup dan tidak ada kejelasan dari toko
Bapak/ Ibu.
Masalah Selanjutnya ketika kami memesan
pulpen hitam merk Pulpenku sebanyak 50 box pada tanggal 10 September
2016. Yang dikirim memang 50 box dan tepat waktu, tetapi 30 box dari
pulpen tersebut tidak berfungsi. Bayangkan, hampir setengahnya rusak
semua. Padahal kami selalu membeli pulpen merk Pulpenku dan tidak pernah
ada masalah. Dan yang terakhir ketika kita memesan kertas merk Kertasku
lagi sebanyak 20 rim pada 10 pengepakan kiriman kurang baik yang
mengakibatkan 10 rim kertas HVS putih dalam kondisi cacat.
Berkenaan dengan hal itu dan mengingat
usaha kami sangat membutuhkan layanan antar karena tidak ada orang yang
sempat membeli ke toko Bapak/ Ibu secara langsung, kami harap, sebelum
dikirim tolong dicek kondisi awal hingga pengepakannya. Sehingga, semua
tetap dalam kondisi baik.
Kami berharap hubungan kerja yang telah
terjalin baik selama ini tidak disia-siakan. Atas perhatian dan kerja
sama baik dari Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Alexander Suwiryo
Baca Juga:
-3 Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK Jurusan Akuntansi Yang Baik
-3 Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil Yang Baik
-Contoh Surat Keterangan Domisili Yayasan yang Baik
-Contoh Surat Edaran Umum Baik dan Benar
Contoh Surat Keluhan Pelanggan Hotel
Kepada
Manager Pelayanan
Hotel Tentram Sejahtera
Jalan Dorayaki No. 1A Kota Yogyakarta
Manager Pelayanan
Hotel Tentram Sejahtera
Jalan Dorayaki No. 1A Kota Yogyakarta
Dengan hormat,
Sebelumnya saya perkenalkan terlebih
dahulu, saya bernama Alexander Suwiryo, saya merupakan pelanggan hotel
Tentram Sejahtera sejak tahun 2000. Setiap 2 bulan sekali saya pasti
menginap di hotel ini untuk urusan bisnis atau liburan keluarga.
Surat ini saya tulis sebagai ungkapan
keluhan atas layanan yang diberikan saat saya berkunjung ke Yogyakarta
dan menginap di Hotel Bapak/Ibu pada tanggal 1 November 2016 sampai
dengan 4 November 2016. Jauh hari sebelumnya saya sudah melakukan
konfirmasi kepada pihak hotel dan diberi jawaban kamar sudah disiapkan
untuk kedatangan saya nanti tgl 1 – 4 November 2016 dan dalam keadaan
bersih dan rapi karena sekarang sudah new management jadi lebih bagus
katanya.
Pada tanggal 1 November 2016 malam hari,
saya tiba di lokasi dan saya kaget ternyata apa yang dijanjikan jauh
dari kenyataan yang ada, kamar dalam keadaan belum siap, dan kamar yang
saya pesan ternyata dipindahkan ke kamar lain dengan alasan kamar yang
saya pesan sudah diambil atau diisi oleh orang lain. Selain itu, kondisi
kamar juga sangat kotor, gorden dalam kondisi robek dan kotor, dinding
dalam kondisi kotor, sprei dan selimutpun juga tidak bersih dan di dalam
laci meja masih banyak sisa sampah dan abu rokok serta kecoa-kecoa mati
yang berbau busuk dan ditambah lagi tempat sampah yang masih terisi
sampah dari tamu sebelumnya, air shower sangat kecil, lantai kotor,
remote televisi tidak berfungsi di kamar saya. Dan ketika saya melakukan
komplain, pelayan menjawab dengan jawaban yang berbelit- belit. Padahal
saya adalah pelanggan yang sudah lama sekali dan sudah cukup mengenal
beberapa karyawan yang sudah lama juga. Konsep new management yang ada
menurut saya malah tidak lebih baik dari konsep yang sebelumnya.
Saya mengharapkan tingkat layanan tinggi
dari hotel Bapak atau Ibu, dan saya sangat kecewa. Karena saya tidak
ingin menghabiskan banyak waktu tentang masalah ini. Semoga pelayanan
dri hotel dapat segera ditingkatkan.
Bandung, 26 November 2016
Hormat saya,
Alexander Suwiryo
Contoh Surat Keluhan Pelanggan Salon
Bandung, 26 November 2016
Kepada
Manager Salon Cantik Cantiek
Jalan Dorayaki No. 1A Kota Bandung
Manager Salon Cantik Cantiek
Jalan Dorayaki No. 1A Kota Bandung
Dengan hormat,
Melalui surat ini saya ingin
menyampaikan keluhan ketika saya mencoba treathment rambut rontok di
salon dimana Bapak atau Ibu bekerja. Tetapi sebelumnya saya perkenalkan
diri saya terlebih dahulu, Saya bernama Mieska Kariniah, umur 30 tahun.
Saya sudah menjadi langganan salon Cantik Cantiek selama satu tahun
lebih.
Sebelumnya saya hanya melakukan
creambath rutin dan selalu ditangani oleh Mbak Widya. Pada tanggal 4
November 2016, ketika saya ingin datang dan ingin melakukan creambath
rutin saya, saya ditangani oleh pegawai baru, Mbak Sisca namanya. Ketika
sedang dikeramas, Mbak Sisca menyarankan saya melakukan rambut rontok.
Tadinya saya ragu, dan saya tanyakan kepada Mbak Sisca, apakah tidak apa
– apa? Soanya kulit saya sensitif. Lalu kata Mba Sisca tidak apa – apa.
Dan memang rambut saya memang rontok walaupun masih dalam tahap wajar.
Ketika di treathment, tidak ada masalah apa – apa. Hingga saya pulang ke
rumah. Sekitar 4 jam setelah melakukan treathment, kepala saya terasa
panas, dan ketika saya usap rambut saya, rambut saya sangat rontok, dan
setiap saya usap, banyak rambut yang rontok. Hingga akhirnya saya
langsung pergi ke dokter spesialis kulit dan rambut rontok, kata dokter,
itu salah melakukan langkah treathment, jadinya malah seperti itu,
apalagi ditambah kulit saya yang memang sensitif. Jadi efeknya cepat
terjadi. Dan akhirnya saya di treathment ulang yang memang benar – benar
untuk rambut rontok.
Jujur, saya sangat kecewa dengan salon
yang sudah menjadi langganan saya ini. Saya harap jika memang tidak bisa
atau memang tidak berkompeten, tidak perlu melakukan hal yang memang
tidak bisa. Saya tidak akan menuntut ganti rugi. Saya hanya harap,
kedepannya lebih baik lagi dan tidak asal memberikan treathment.
Hormat saya,
Mieska Kariniah
Terdapat
Beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam membuat surat keluhan. Hal
– hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut.
- Sebelum kita menulis, luangkan waktu dan pikirkan kembali apa yang telah terjadi. Jika Kita telah memikirkan semuanya masak-masak dan Kita sudah tahu apa yang Kita inginkan dan bagaimana cara Kita memintanya, maka Kita sudah siap untuk menulis surat keluhan.
- Pastikan dalam surat Kita tercantum nama, alamat, surel, dan nomor telepon Kita (rumah, kantor, dan ponsel jika memungkinkan). Selain itu, pastikan juga untuk meminta informasi mengenai pembaca surat agar Kita bisa mendapatkan informasi mengenai progres dari keluhan Kita.
- Baca lagi dan yakinkan bahwa semuanya jujur, tulus, dan bisa dibuktikan.
- Jangan berkata kasar. Ingatlah bahwa yang Kita inginkan adalah kompensasi atau penyelesaian masalah, dan menghina pembaca surat tidak akan menghasilkan keduanya. Jika Kita ingin memakai kata-kata yang lebih tegas, hindari kalimat pasif dan gunakan kata-kata yang lebih langsung dan deskriptif.
- Memasukkan keluhan dalam bentuk surat memiliki efek yang lebih kuat dibanding mengirimkannya melalui surel, faksimili, atau komentar di blog atau situs perusahaan. Kebanyakan perusahaan memperlakukan keluhan formal tertulis sebagai prioritas yang lebih tinggi.
- Jika Kita menulis untuk mengeluhkan seseorang tertentu, batasi surat Kita pada keluhan untuk orang itu saja dan jangan menggeneralisasikan satu perusahaan. Jika Kita menulis keluhan tentang peraturan perusahaan, jangan menghina pembaca atau peraturannya. Cukup nyatakan permasalahan Kita dan bagaimana Kita ingin masalah tersebut diselesaikan.
- Jangan mencantumkan kesaksian orang lain di dalam surat Kita. Sebenarnya jika menurut Kita permasalahan ini akan sampai di meja hijau, Kita mungkin ingin menyembunyikan bukan hanya pernyataan saksi namun juga nama mereka. Ingat juga bahwa langkah hukum mungkin akan membutuhkan biaya. Lebih baik mencapai kesepakatan secara informal atau setidaknya dengan perjanjian.
- Simpan salinan semua korespondensi dan tanggal surat-surat Kita dikirim.
- Ada situs pelanggan di mana Kita bisa menuliskan keluhan serta mencari tahu juga apakah orang lain pernah berada dalam situasi yang sama dengan perusahaan yang sama pula.
Demikian dari Contoh surat keluhan
pelanggan format resmi. Semoga dapat menjadi bahan referensi dalam
membuat surat keluhan yang baik dan benar secara professional.
Post a Comment for "6 Contoh Surat Komplain Yang Baik Dan Benar"